Minggu, 03 Juli 2011

RENUNGAN MALAM


RENUNGAN MALAM (JUMAT KLIWON)
“*NIKMATNYA HIDUP KETIKA  BERGELUT DALAM MASALAH*
OLEH
HARDIN*
Kini saatnya kita harus berbenah diri. Kuterbangun dalam khayalan tak pasti. Hidup ini memang penuh dengan hamparan kisah yang tak terlupakan di sepanjang masa. Ketika kumaknai hidup ini, ternyata hidup ini penuh kisah dan derita, ada susah ada pula senang, ada kesengsaraan dan ada pula kebahagiaan, ada tawa dan ada pula tangisan. Tapi itu hanyalah sebuah proses hidup yang harus mesti  kita maknai.
            Dalam hidup ini hanya satu keyakinan yang membuatku tegar dengan penuh semangat. Kisah-kisah serta kenangan hari ini merupakan hamparan tangisan di masa-masa mendatang. Demikian pula, tangisan hari ini merupakan sebuah potret kebahagian di masa mendatang.
            Olehnya itu, kiranya manusia kini saatnya merenungi fitrahnya, bahwa ia makhluk yang lemah: Kesempurnaan manusia hanyalah milik Sang Pencipta yang mesti kita yakini. Bagiku, masalah adalah sesuatu yang mendewasakan diri. Ketika bergelut dalam masalah berarti kita mengasah potensi kita untuk eksis dalam hidup ini. Orang bijak berkata: hidup ini tak ada yang mustahil untuk kita perbuat, yang penting ada kemauan. Dengan demikian, berarti bukan masalah bila tidak ada solusinya.
            Banyak orang bijak di penghujung dunia ini “besar” karena  hinaan, cacian dan makian, bahwa kegagalan itu sebuah masalah. Namun, realitas hari ini banyak orang sukses dibesarkan oleh masalah. Karena dengan masalah yang dihadapilah, manusia bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya.
            Tanamkan trus jalanilah hidup ini dengan rasa penuh optimis, serta menyusun "planing" untuk menopang masa depan mendatang yang penuh kebahagian dunia akhirat. Wallahu Allam Bissawab.....................................
                                                                                   
           YOGYAKARTA, 02-07-2011

                                                                                          HARDIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar